PROSES & PROSEDUR KLINIK ABORSI

Proses Dan Prosedur Di Klinik Aborsi Raden Saleh Jakarta

Setiap Pasien yang datang ke Klinik raden saleh pada awalnya harus mendaftarkan diri terlebih dahulu mengenai data diri pasien seperti Nama, Umur, dan Alamat Pasien. Informasi tersebut kami perlu untuk mencantumkan nama pasien di kartu berobat yang akan dibutuhkan seminggu kemudian pada waktu kontrol berikutnya. Setelah pasca tindakan yang harus dilakukan Kuret atau jika memang harus Aborsi.

Kami wajib memeriksa terlebih dahulu sebelum tindakan Aborsi/Kuret dilakukan. Pemeriksaan tersebut adalah melalui USG maupun dengan cara anamnese (konsultasi) dan pemeriksaan keadaan umur si pasien. Dari pemeriksaan ini kami bisa mengetahui berapa besar usia kehamilan, apakah ada kista dalam rahim ?, apakah sebelumnya pernah operasi caisar ?, dan sudah berapa lama setelah pasca caesar ?, apakah sebelumnya sudah mengkonsumsi obat aborsi atau jamu peluntur yang berlebihan ataupun adanya keluhan lain yang berhubungan dengan kandungan ?.

Pemeriksaan dan konsultasi ini sangatlah penting dilakukan. Agar kami bisa memastikan apakah pasien tersebut bisa dilakukan tindakan Aborsi/Kuret atau tidak. Tujuanya demi menjamin kesehatan dan keselamatan pasien agar terhindar dari pasca aborsi. Setelah tindakan Aborsi/Kuret maka pasien dipindahkan ke Ruang Istirahat. Diruangan ini akan kami adakan observasi dan memberikan obat penghilang rasa mules pasca aborsi sambil menunggu pasien pulih dan stabil.

Pelaksanaan tindakan aborsi

Sebelum dilakukan aborsi maka pasien dibawa masuk ke ruangan tindakan yang sudah disiapkan. Di ruangan ini Dokter akan memberi suntikan anestesi atau bius total. Jika dokter memberi suntikan anestesi umum, Anda akan benar-benar tidak sadar selama aborsi.

kemudian dokter akan lakukan kuret dengan cara penyedotan melalui suction (alat sedot dengan selang karet dan canula diujungnya). Canula ini berupa sedotan/pipet yang terbuat dari karet yang dimasukkan ke mulut rahim kemudian disedot isi rahim tersebut dan dialirkan melalui selang.

Cara ini benar-benar teknik aborsi aman dan sangat praktis dan efektif karena tidak menyebabkan pendarahan dan tidak ada robekan di mulut rahim atau dalam vagina. Waktu yang dibutuhkan untuk tindakan juga sangat singkat yaitu kurang lebih 10 menit sudah selesai tindakan.

Ruang istirahat Di Klinik Raden Saleh

Seteleh selesai tindakan aborsi maka pasien akan dipindahkan ke ruang istirahat. Dan kami adakan observasi dan memberikan obat penghilang rasa mules pasca aborsi jika ada sambil menunggu kondisi pasien pulih dan stabil. Disini hanya membutuhkan waktu 10 – 15 menit bahkan ada yang masih 5 menit sudah minta pulang. Jika kondisi pasien sudah baik maka sudah bisa diperbolehkan pulang.

Larangan atau pantangan pasca aborsi

Menguragi aktifitas yang berat dan mengurangi makanan atau minuman yang dingin dan bersoda. Jika hal ini dilakukan maka kemungkinan besar bisa menyebabkan flek darah membeku dalam rahim. Dan tidak bisa keluar seperti normalnya 3 hari keluar flek pasca aborsi dan bisa menimbulkan rasa mules diperut bagian bawah.

Keberhasilan tindakan aborsi/kuret ini bisa kami nyatakan berhasil setelah pasien tersebut mendapat menstruasi pada bulan berikutnya (1 Bulan pasca aborsi).

Demikianlah proses dan prosedur Aborsi/Kuret yang kami lakukan di Klinik Aborsi Jakarta, jika masih ada yang hendak ditanyakan jangan ragu ataupun sungkan apalagi malu untuk menghubungi kami, karena semua privasi dan kondisi pasti akan kami jaga. Kami akan selalu dengan senang hati menjawab semua pertanyaan anda.